(RPP)
Nama
Sekolah : SMP 1
WONOPRINGGO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 3 x 3 Jam
Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Meyakini Nabi Muhammad saw.
sebagai nabi akhir zaman.
3.5 Memahami makna beriman kepada
Rasul Allah Swt.
4.5 Menyajikan dalil naqli tentang
iman kepada Rasul Allah Swt.
C.
IndikatorPencapaian
Kompetensi
3.5.1. Mendefiniskan
pengertian iman kepada Nabi dan Rasul
3.5.2. Menyebutkan perbedaan
Nabi dan Rasul
3.5.3. Menyebutkan nama-nama
Nabi dan Rasul
3.5.4. Menjelaskan
sifat-sifat Nabi dan Rasul
3.5.5. Menyebutkan Rasul Ulul
Azmi
3.5.6. Menyebutkan hikmah
iman kepada Nabi dan rasul
4.5.1.Membaca dalil tentang
beriman kepada Nabi dan Rasul
4.5.2. Menjelaskan kandungan
dalil beriman kepada Nabi dan Rasul
D.
Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Meneladani
Kemuliaan dan Kejujuran Para Rasul Allah Swt
Pertemuan Kesatu
1. Pengertian
Iman Kepada Rasul Allah SWT
Beriman kepada rasul
mengandung maksud menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus para
rasul-Nya untuk menyampaikanwahyu kepada umat-Nya.
2. Perbedaan Nabi dan Rasul Allah SWT
Nabi adalah manusia biasa
yang memperoleh wahyu dari Allah, tetapi tidak wajib menyampaikan kepada
ummatnva, sedangkan rasul adalah manusia biasa yang memperoleh wahyu dari Allah
SWT dan wajib menyampaikan kepada ummatnya. Jadi perbedaan antara nabi dengan
rasul terletak pada wajib/tidaknya menyampaikan wahyu yang diterima kepada
ummatnya.
Pertemuan Kedua
1. Nama-nama Para Nabi dan Rasul
2.
Jumlah nabi tidak ada yang mengetahui secara
pasti, kecuali hanya Allah SWT, namun yang wajib kita ketahui sebagaimana
tercantum dan dikisahkan dalam alQur'an ada 25 orang , yaitu :
1. Adam a.s.
|
11. Yusuf a.s.
|
21. Zakariya a.s.
|
2. Idris a.s.
|
12. Ayyub a.s.
|
22. Yunus a.s.
|
3. Nuh a.s.
|
13. Syuaib a.s.
|
23. Yahya a.s.
|
4. Hud as.
|
14. Musa a.s.
|
24. Isa a.s.
|
5. Luth a.s.
|
15. Harun a.s.
|
25. Muhammad saw.
|
6. Soleh as.
|
16. lyas a.s.
|
|
7. Ibrahim a.s.
|
17. Ilyasa a.s.
|
|
8. Ismail a.s.
|
18. Zulkifli a.s.
|
|
9. Ishak a.s.
|
19. Daud a.s.
|
|
10. Yakub a. s.
|
20. Sulaiman a.s.
|
3.
Sifat-sifatPara Nabi dan Rasul
Salah satu tanda bahwa seseorang itu diangkat
menjadi rasul adalah bahwa seorang rasul itu mempunyai sifat wajib yaitu sifat
yang harus dimiliki oleh rasul dan sifat mustahil yaitu sifat yang tidak
mungkin dimiliki oleh rasul.Para nabi dan rasul itu mempunyai sifat-sifat yang
amat mulia, yaitu :
No.
|
Sifat Wajib Rasul
|
Sifat Mustahil Rasul
|
||
Wajib
|
Artinya
|
Mustahil
|
Artinya
|
|
1.
|
Siddiq
|
·
Berkata benar
|
Kidzib
|
·
dusta
|
2.
|
Amanah
|
·
Dapat dipercaya
|
Khianat
|
·
tidak dapat dipercaya
|
3.
|
Tabligh
|
·
Menyampaikan wahyu
|
Kitman
|
·
menyembunyikan wahyu
|
4.
|
Fathanah
|
·
Cerdas
|
Baladah
|
·
bodoh
|
·
Yang membedakan nabi dan rasul, kalau nabi tidak bertabligh,
sedangkan rasul tabligh.
|
4.
Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi
Di antara
25 orang rasul tersebut ada yang derajatnya dilebihkan dari yang lainnya karena
keuletan dan ketabahan dalam mengemban risalahnya. Rasul-rasul yang demikian
itu dinamakan Ulul Azmi, yang berjumlah 5 orang, yaitu :
No.
|
Nama
Rasul
|
Mu’jizat
|
1.
|
Nuh AS
|
Sebuah perahu yang amat besar, menampung
umat-umat beliau yang beriman dan berpasang-pasang hewan yang hidup dari
banjir yang dahsyat pada waktu itu
|
2.
|
Ibrahim As
|
Tidak hangus dibakar oleh raja Namrud
|
3.
|
Musa As
|
·
Tongkatnya bisa berubah menjadi seekor naga dan
dapat membelah lautan, ketika Beliau`dan pengikutnya dikejar-kejar Fir’aun
·
Dari kedua telapak tangan beliau keluar sinar
yang terang ( menyilaukan pandangan
mata )
|
4.
|
Isa As
|
·
Dapat menghidupkan orang yang sudah mati,
walaupun sebentar
·
Dapat membuat burung dari tanah liat menjadi
hidup
·
Dapat menyembuhkan penyakit kusta/kulit
|
5.
|
Muhammad SAW
|
·
Keluar air dari celah-celah jari beliau untuk
diminum dan berwudhu oleh kaum muslimin
·
Dapat membelah bulan menjadi dua
·
Isra’ Mi’raj
·
Al-Qur’an
|
Pertemuan Ketiga
1. Khikmahberiman KepadaRasul
Allah SWT
Adapun hikmah yang
dapat kalian laksanakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah:
a. Meneladani
sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul, seperti bersikap adil, jujur, kesabaran,
keteguhan, dan semangatnya dalamberdakwah menegakkan ajaran-ajaran Allah Swt.
b. Umat-umat
terdahulu mengalami kehancuran dan mendapat azab dari Allah karena mereka
ingkar, sombong, dan menyukutukanAllah. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita
untuk senantiasa menjaga keimanan dan perilaku kita agar sesuai dengan ajaran
Allah Swt.
c. Selalu meningkatkan
keimanan dan ketakwaan kepada Allah agar negeri kita mendapatkan kemakmuran dan
keberkahan.
d. Kita selalu
patuh dan taat dalam melaksanakan semua yang diperintahkan oleh Allah dan
menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya.
2.
Dalil
tentang beriman kepada Nabi dan Rasul
لَقَدْ
مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ
أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ
الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
[٣:١٦٤]
Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika
Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang
membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan
mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum
(kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
( QS. Ali Imran : 164 )
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا
وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙ
لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ [٥:٩]
Allah telah
menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa)
untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al Maidah :9)
3.
Kandungan dalil beriman
kepada Nabi dan Rasul
Ayat tersebut memberikan penjelasan kepada kita
bahwa Allah mengutus rasul dari kalangan manusia sendiri sehingga dapat
diteladani.Umat Islam wajib mengimani seluruh rasul yang diutus oleh Allah
Swt.Kita tidak hanya diperintahkan untuk mengimani Nabi Muhammad saw.,tetapi
juga harus meyakini seluruh utusan Allah sepanjang zaman yang jumlahnya ada 25
rasul.
E.
Kegiatan Pembelajaran
MetodePembelajaran
Pendekatan : Saintific
Model : CTL
Metode : Diskusi, Tanya jawab, Inkuiri
Pertemuan kesatu
Melalui Contekstual Teaching and Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.
Mendefiniskan pengertian
iman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
2.
Menyebutkan perbedaan Nabi
dan Rasul dengan
benar
Pertemuan kedua
Melalui Contekstual Teaching and Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.
Menyebutkan nama-nama Nabi
dan Rasul dengan
benar
2.
Menjelaskan sifat-sifat
Nabi dan Rasul dengan
benar
3.
Menyebutkan Rasul Ulul
Azmi dengan
benar
Pertemuan ketiga
Melalui Contekstual Teaching and Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.
Menyebutkan hikmah iman kepada Nabi dan rasul
dengan benar
2.
Membaca dalil tentang
beriman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
3.
Menjelaskan kandungan dalil
beriman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayat
pilihan (nama surat
sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.
Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi pengertian iman
kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi
dan rosul.
2.
Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan pengertian iman
kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan
rosul.
3.
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai pengertian iman kepada nabi
dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
b.
Menanya
1.
Mengajukan pertanyaan hal-hal tentang pengertian iman kepada nabi dan
rasu, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
2.
Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan
tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta
nama-nama nabi dan rosul.
3.
Mengajukan pertanyaan tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul,
perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
1. Menggali informasi dan data
tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta
nama-nama nabi dan rosul berbagai sumber.
d.
Asosiasi
1. Menganalisis informasi dan
data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul
serta nama-nama nabi dan rosul
2.
Menyimpulkan informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan
rasul, perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul
e.
Komunikasi.
1. Memaparkan hasil temuan
tentang informasi dan data tentang pengertian iman kepada nabi dan rasul,
perbedaan nabi dan rosul serta nama-nama nabi dan rosul
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam merumuskan pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta
nama-nama nabi dan rosul
-
Kelompok yang paling baik dalam merumuskan pengertian iman kepada nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rosul serta
nama-nama nabi dan rosul
d.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajari
pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
Pertemuan 2
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayat
pilihan (nama surat
sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.
Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi sifat-sifat nabi dan
rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.
Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan sifat-sifat nabi dan
rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
3.
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sifat-sifat nabi dan rosul,
rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
b.
Menanya
1.
Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang sifat-sifat nabi dan
rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan rosul.
2.
Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan
tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada
nabi dan rosul.
3.
Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
1. Menggali informasi dan data
tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada
nabi dan rosul. melalui berbagai sumber.
2. Mengumpulkan dan
mengelompokkan para nabi yang diberi kitab suci.
3. Mengumpulkan dan
mengelompokkan para nabi dan rasul yang diberi suhuf.
4. Mengumpulkan dan
mengelompokkan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi.
d.
Asosiasi
1. Menganalisis data tentang
sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan
rosul.
2. Merumuskan hubungan antara
keimanan terhadap nabi dan rasul dengan sikap dan perilaku para umatnya.
3. Menyimpulkan ajaran
sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan
rosul.
e.
Komunikasi.
1. Memaparkan hasil temuan
sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada nabi dan
rosul.
2. Menunjukkan hasil analisis
tentang sifat-sifat nabi dan rosul, rosul ulul azmi, hikmah beriman kepada
nabi dan rosul terhadap sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupan.
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajari
pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
Pertemuan 3
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayat
pilihan (nama surat
sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.
Membaca dan mencermati teks bacaan tentang materi iman kepada nabi dan
rasul.
2.
Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada nabi dan
rasul.
3.
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada nabi dan rasul.
4.
Mencermati dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah SWT.
b.
Menanya
1
Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang iman kepada nabi dan
rasul.
2
Menunjuk salah seorang siswa secara acak untuk mengajukan pertanyaan
tentang sejarah nabi dan rasul.
3
Mengajukan pertanyaan fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
1. Menggali informasi dan data
tentang nabi dan rasul melalui berbagai sumber.
2. Mengumpulkan dan
mengelompokkan para nabi yang diberi kitab suci.
3. Mengumpulkan dan
mengelompokkan para nabi dan rasul yang diberi suhuf.
4. Mengumpulkan dan
mengelompokkan nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi.
d.
Asosiasi
1. Menganalisis hubungan ajaran
antara satu nabi dengan nabi yang lainnya.
2. Merumuskan hubungan antara
keimanan terhadap nabi dan rasul dengan sikap dan perilaku para umatnya.
3. Menyimpulkan ajaran yang
dibawa oleh para nabi dan rasul.
e.
Komunikasi.
1. Memaparkan hasil temuan
tentang hubungan ajaran antara satu nabi dengan nabi lainnya.
2. Menunjukkan hasil analisis
tentang hubungan antara keimanan terhadap nabi dan rasul terhadap sikap dan
perilaku seseorang dalam kehidupan.
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaransecarademokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru
menjelaskanmateri yang akandipelajari
pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
F.
Penilaian, pembelajaran Remidial dan
Pengayaan
1.
Tehnik penilaian
1.
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi (Instrumen: Terlampir )
2.
Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
c. Kisi-kisi :Instrumen: Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :Instrumen:
Terlampir
4. Tugas :
Instrumen: Terlampir
5. Portofolio
2.
Intsrumen
Penilaian (terlampir)
3.
Pembelajaran dan
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali
materi tentang “Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para rasul Allah Swt.” dan
melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yangdisesuaikan, contohnya: boleh
pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu atau di luar jam pelajaran 30
menit setelah pulang sekolah.
Pembelajaran Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasaimateri,
peserta didik mengerjakan materi tambahan berupa pendalamandan perluasan materi
tentang iman kepada Nabi Muhammad saw. Pesertadidik mengerjakan soal yang
terkait dengan tentang iman kepada nabiMuhammad saw. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagipeserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Materi pengayaannya:
Iman kepada Nabi Muhammad Saw.
Nabi Muhammad sebagai Rasul akhir Zaman
Faktor-faktor datangnya Rasul akhir zaman adalah:
1. Ajaran rasul terdahulu masih bersifat lokal sehingga diperlukanperbaikan
dan penyempurnaan yang bersifat universal (umum) sertaabadi sepanjang masa.
2. Ajaran rasul terdahulu banyak yang hilang baik faktor sengaja atautidak
sengaja maka diperlukan pengungkapan kembali ajaran yangsebenarnya.
3. Rasul terdahulu hanya berlaku untuk suatu bangsa atau daerah
tertentumaka diperlukan seorang rasul yang ajarannya bersifat universal
untukseluruh umat manusia.
Keistimewaan yang dimiliki Nabi Muhammad saw. adalah:
1. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul terakhir, sehingga tidakakan
ada lagi nabi dan rasul sesudah Nabi Muhammad saw.
2. Nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul untuk seluruh umat yangada di
dunia sampai akhir zaman.
3. Nabi Muhammad saw. adalah semulia-muliannya Nabi dan Rasul.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a.
Teknik
Penilaian :
Penilaian diri
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar
penilaian diri
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Meyakini bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah
perintah Allah
|
Terlampir
|
2.
|
Meyakini
bahwa ikhlas, sabar dan pemaaf adalah sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap
muslim
|
Terlampir
|
3.
|
Meyakini
bahwa dengan memilki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf manusia akan selamat
dunia dan akhirat
|
Terlampir
|
4.
|
Meyakini
bahwa dengan memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf akan dimudahkan jalan
hidupnya
|
Terlampir
|
5
|
Meyakini
bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang memiliki sifat ikhlas, sabar
dan pemaaf
|
Terlampir
|
2. Sikap
sosial
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian Antar
Teman
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Suka
berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera
memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
Terlampir
|
|
Tidak
pamrih ketika temannya meminta tolong
|
Terlampir
|
|
Tidak
mudah putus asa karena memiliki kesabaran
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat
mengartikan Q.S.An-Nisa (4):146
|
Artikan
Q.S.An-Nisa (4):146 dengan
benar!
|
|
Dapat
mengartikan Q.S. Al Baqarah (2):153,
|
Artikan
Q.S. Al Baqarah (2):153,
dengan benar!
|
|
Dapat
mengartikan Q.S. Ali Imran (3): 134
|
Artikan
Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan
benar!
|
4. Keterampilan
a. Teknik
Penilaian :
Performance
b. Bentuk
Instrumen :
Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S.An-Nisa (4):146
|
Bacalah Q.S.An-Nisa (4):146 dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah Q.S. Al Baqarah (2):153 dengan tartil !
|
|
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah Q.S. Ali Imran (3): 134!
|
G.
Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
Media :
1. VCD pembelajaran
2.
Teks naskah
bermain peran
Alat :1. LCD
2. Kertas Karton
Sumber Pembelajaran :
1. Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI Tahun
2006
2. Buku Teks PAI kelas VIII Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan RI Tahun 2014
3.
CD/Video Pembelajaran
Interaktif
Wonopringgo, Januari 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru PAI dan Budi Pekerti
Kartikaningsih,S.Pd.,M.Pd Supriyadi,
S. Ag
NIP.19650903
198703 2 016 NIP.
19720403 200501 1 003
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek
Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VIII / Genap
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian
diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa
sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah yang membawa manusia
kepada kebaikan.
|
||||||||||
2
|
Bahwa
sifat ikhlas, sabar dan pemaaf adalah siafat terpuji yang harus dimiliki oleh
setiap muslim.
|
||||||||||
3
|
Meyakini
bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan selamat dunia dan
akhirat.
|
||||||||||
4
|
Meyakini
bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan akan dimudahkan
jalan hidupnya.
|
||||||||||
5
|
Meyakini
bahwa Allah swt memuliakan manusia yang ikhlas, sabar dan pemaaf
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
……………, ………………
Siswa yang
bersangkutan
(…………………………)
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek
Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VIII / Genap
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok
dengan anggota masing-masing 5 – 10
orang
b. Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c. Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
Tidak Pernah
|
||||||||
1
|
Suka
berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
|
||||||||||
2
|
Segera
memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
||||||||||
3
|
Tidak
pamrih ketika temannya meminta tolong
|
||||||||||
4
|
Tidak
mudah putus asa ketika mengahadapi kesulita belajar karena memiliki kesabaran
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
--------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………..,
………………………
Ketua kelompok,
(…………………………………………)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / Genap
|
KompetensiDasar
|
:
|
3.5. Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt
|
Indikator
|
:
|
3.5.1. Mendefiniskan
pengertian iman kepada Nabi dan Rasul
3.5.2.
Menyebutkan perbedaan Nabi dan Rasul
3.5.3.
Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul
3.5.4.
Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul
3.5.5.
Menyebutkan Rasul Ulul Azmi
3.5.6.
Menyebutkan hikmah iman kepada Nabi dan rasul
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.5.
Menyajikan
dalil naqli tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
|
4.5.1.Membaca dalil tentang
beriman kepada Nabi dan Rasul
4.5.2. Menjelaskan
kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasul
|
||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
No.
|
Instrumen
|
|
1.
|
Apakah pengertian iman kepada Nabi dan Rasul?
|
|
2.
|
Apa
perbedaan Nabi dan Rasul?
|
|
3.
|
Sebutkan
5 nama Nabi dan Rasul dari 25 nama Nabi dan Rosul yang kamu ketahui!
|
|
4.
|
Apa
yang dimaksud dengan sifat sidiq bagi Rosul?
|
|
5.
|
Sebutkan
Nama Rosul yang mendapatkan gelar ulul azmi!
|
|
6.
|
Sebutkan
khikmah beriman kepada Nabi dan Rosul
|
|
No
|
Jawaban
|
|
1.
|
Pengertian iman kepada Nabi
dan Rasul adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Alloh
telah mengutus para rosul-Nya untuk menyampaikan wahyu kepada ummatnya
|
|
2.
|
Perbedaan Nabi
dan Rasul adalah kalau Nabi mendapatkan wahyu hanya untuk dirinya sendiri,
sedang rosul adalah menerima wahyu untuk disampaikan kepada orang lain
|
|
3.
|
5 nama Nabi
dan Rasul dari 25 nama Nabi dan Rosul yang saya ketahui adalah Adam as, Musa
as, Isa as, Idris as, Yusuf as.
|
|
4.
|
Yang dimaksud
dengan sifat sidiq bagi Rosul, suatu sifat wajib bagi rosul yang berarti
bahwa setiap rosul adalah pasti berkata benar
|
|
5.
|
Nama Rosul yang
mendapatkan gelar ulul azmi adalah Nuh as, Ibrohim as, Musa as, Isa as dan
Muhammad SAW
|
|
6.
|
Khikmah
beriman kepada Nabi dan Rosul adalah
1.
Kita selalu
meningkat keimanan dan ketaqwaannya
2.
Meneladani
perilaku rosul
3.
Selalu patuh
dan taat dalam melaksanakan semua yang diperintahkan
|
|
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / Genap
|
KompetensiDasar
|
:
|
3.6. Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt
|
Indikator
|
:
|
3.5.1. Mendefiniskan
pengertian iman kepada Nabi dan Rasul
3.5.2.
Menyebutkan perbedaan Nabi dan Rasul
3.5.3.
Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul
3.5.4.
Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul
3.5.5.
Menyebutkan Rasul Ulul Azmi
3.5.6.
Menyebutkan hikmah iman kepada Nabi dan rasul
|
KompetensiDasar
|
:
|
8.5.
Menyajikan
dalil naqli tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
|
4.5.1.Membaca dalil tentang
beriman kepada Nabi dan Rasul
4.5.2. Menjelaskan
kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasul
|
||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Jawablah Pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1.
Jelaskan pengertian iman kepada Nabi
dan Rasul !
2.
Sebutkan perbedaan Nabi
dan Rasul !
3.
Sebutkan nama-nama Nabi dan
Rasul !
4.
Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul !
5.
Sebutkan Rasul Ulul Azmi !
6.
Sebutkan hikmah iman kepada
Nabi dan rasul !
7.
Artikan potongan dalil naqli
tentang iman kepada Rasul Allah Swt.!
8.
Lengkapi dalil tentang beriman kepada
Nabi dan Rasul !
9.
Jelaskan kandungan dalil
beriman kepada Nabi dan Rasul !
Kunci Jawaban
1.
Menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah
mengutus para rasul-Nya untuk menyampaikanwahyu kepada umat-Nya.
2.
Nabi adalah manusia biasa yang memperoleh wahyu
dari Allah, tetapi tidak wajib menyampaikan kepada ummatnva, sedangkan rasul
adalah manusia biasa yang memperoleh wahyu dari Allah SWT dan wajib
menyampaikan kepada ummatnya. Jadi perbedaan antara nabi dengan rasul terletak
pada wajib/tidaknya menyampaikan wahyu yang diterima kepada ummatnya.
3.
Nama-nama Nabi dan Rasul
1. Adam a.s.
|
11. Yusuf a.s.
|
21. Zakariya a.s.
|
2. Idris a.s.
|
12. Ayyub a.s.
|
22. Yunus a.s.
|
3. Nuh a.s.
|
13. Syuaib a.s.
|
23. Yahya a.s.
|
4. Hud as.
|
14. Musa a.s.
|
24. Isa a.s.
|
5. Luth a.s.
|
15. Harun a.s.
|
25. Muhammad saw.
|
6. Soleh as.
|
16. lyas a.s.
|
|
7. Ibrahim a.s.
|
17. Ilyasa a.s.
|
|
8. Ismail a.s.
|
18. Zulkifli a.s.
|
|
9. Ishak a.s.
|
19. Daud a.s.
|
|
10. Yakub a. s.
|
20. Sulaiman a.s.
|
4.
Sifat Nabi dan Rasul
No.
|
Sifat Wajib Rasul
|
Sifat Mustahil Rasul
|
||
Wajib
|
Artinya
|
Mustahil
|
Artinya
|
|
1.
|
Siddiq
|
·
Berkata benar
|
Kidzib
|
·
dusta
|
2.
|
Amanah
|
·
Dapat dipercaya
|
Khianat
|
·
tidak dapat dipercaya
|
3.
|
Tabligh
|
·
Menyampaikan wahyu
|
Kitman
|
·
menyembunyikan wahyu
|
4.
|
Fathanah
|
·
Cerdas
|
Baladah
|
·
bodoh
|
·
Yang membedakan nabi dan rasul, kalau nabi tidak bertabligh,
sedangkan rasul tabligh.
|
5.
Hikmah iman kepada Nabi dan
rasul :
a. Meneladani
sifat-sifat mulia para Nabi dan Rasul, seperti bersikap adil, jujur, kesabaran,
keteguhan, dan semangatnya dalamberdakwah menegakkan ajaran-ajaran Allah Swt.
b. Umat-umat
terdahulu mengalami kehancuran dan mendapat azab dari Allah karena mereka
ingkar, sombong, dan menyukutukanAllah. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita
untuk senantiasa menjaga keimanan dan perilaku kita agar sesuai dengan ajaran
Allah Swt.
c. Selalu
meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah agar negeri kita mendapatkan
kemakmuran dan keberkahan.
d. Kita selalu patuh
dan taat dalam melaksanakan semua yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi
apa yang menjadi larangan-Nya
6.
Rasul Ulul Azmi :;’
No.
|
Nama
Rasul
|
Mu’jizat
|
1.
|
Nuh AS
|
Sebuah perahu yang amat besar, menampung
umat-umat beliau yang beriman dan berpasang-pasang hewan yang hidup dari
banjir yang dahsyat pada waktu itu
|
2.
|
Ibrahim As
|
Tidak hangus dibakar oleh raja Namrud
|
3.
|
Musa As
|
·
Tongkatnya bisa berubah menjadi seekor naga dan
dapat membelah lautan, ketika Beliau`dan pengikutnya dikejar-kejar Fir’aun
·
Dari kedua telapak tangan beliau keluar sinar
yang terang ( menyilaukan pandangan
mata )
|
4.
|
Isa As
|
·
Dapat menghidupkan orang yang sudah mati,
walaupun sebentar
·
Dapat membuat burung dari tanah liat menjadi
hidup
·
Dapat menyembuhkan penyakit kusta/kulit
|
5.
|
Muhammad SAW
|
·
Keluar air dari celah-celah jari beliau untuk
diminum dan berwudhu oleh kaum muslimin
·
Dapat membelah bulan menjadi dua
·
Isra’ Mi’raj
·
Al-Qur’an
|
·
|
7.
Potongan dalil naqli tentang iman kepada
Rasul Allah Swt :
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا
وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙلَهُمْ
مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ[٥:٩]
Allah telah
menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa)
untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al Maidah :9)
8.
Lengkapi dalil tentang
beriman kepada Nabi dan Rasul :
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا
وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙلَهُمْ
مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ[٥:٩]
9.
Kandungan dalil beriman
kepada Nabi dan Rasul : QS.Ali Imran : 164
Memberikan penjelasan kepada kita bahwa Allah mengutus rasul dari
kalangan manusia sendiri sehingga dapat diteladani.
Rubrik dan Skor Penilaian
No
|
Rubrik Penilain
|
Skor Penilaian
|
1.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang pengertian iman kepada Rasul-rasulAllah SWT sangat lengkap
dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang pengertian iman kepada Rasul-rasulAllah SWT lengkap, skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang pengertian iman kepada Rasul-rasulAllah SWT tidak lengkap,
skor 2.
|
6
|
2.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang perbedaan nabi dan rasul sangat lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang perbedaan nabi dan rasul lengkap, skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang perbedaan nabi dan rasul tidak lengkap, skor 2.
|
6
|
3.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang nama-nama nabi dan rasul sangat lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang nama-nama nabi dan rasul, hanya 6 skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang nama-nama nabi dan rasul, hanya 3 tidak lengkap, skor 2.
|
6
|
4.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang sifat-sifat nabi dan rasul sangat lengkap dan sempurna,dengan artinya skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang sifat-sifat nabi dan rasul lengkap tidak dengan artinya, skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang sifat-sifat nabi dan rasul tidak lengkap, skor 2.
|
6
|
5.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab 5nabi
dan rasululu azmi
sangat lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab 3nabi
dan rasululu azmi
lengkap, skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab 1-2pengertian iman kepada Rasul-rasulAllah SWT tidak lengkap,
skor 2.
|
6
|
6.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang 4 hikmah iman kepada nabi dan rasul sangat lengkap dan sempurna, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang 3 hikmah iman kepada nabi dan rasul, skor 6.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang 1-2 sifat-sifat nabi dan rasul tidak lengkap, skor 3.
|
10
|
7.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab arti potongan ayat sangat lengkap dan
sempurna, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab arti potongan
ayat lengkap dan tidak sempurna, skor 6.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab arti
potongan ayat tidak lengkap, skor 4.
|
10
|
8.
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab lanjutan potongan ayat sangat lengkap dan
sempurna, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab lanjutan arti potongan ayat lengkap dan tidak sempurna, skor 6.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab lanjutan
arti potongan ayat tidak
lengkap, skor 4.
|
10
|
9
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang kandungan QS. Ali Imran:164 sangat lengkap dan sempurna,dengan artinya skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan/ menjawab tentang kandungan QS. Ali Imran:164 lengkap tidak dengan artinya, skor 6.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan / menjawab tentang kandungan QS. Ali Imran:164 tidak lengkap, skor 4.
|
10
|
jumlah skor
|
70
|
|
Nilai = skor yang diperoleh / 70 x 100
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 3 : Instrumen
Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Lampiran 4 : Instrumen
Penilaian penilaian diri (Aspek Pengetahuan)
Mengetahui;
Kepala Sekolah,
Kartikaningsih,S.Pd.,M.Pd
NIP.19650903 198703 2 016
|
Wonopringgo,
Januari 2016
Guru Mata Pelajaran PAI& Budi Pekerti
Supriyadi, S. Ag
NIP. 19720403 200501 1 003
|
0 komentar:
Posting Komentar