Selamat Datang di Blog Islam dan Pendidikan, semoga kunjungan anda bisa bermanfaat untuk kita semua

Selasa, 12 April 2016

RPP Mata Pelajaran Fikih SMP Kelas 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mapel PAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( 1 )

Sekolah
:
SMP MUHAMMADIYAH WONOPRINGGO
Mata Pelajaran
:
PAI / IBADAH
Kelas     / Semester
Pertemuan ke
Waktu
:
:
:
VII / 1
1
 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
:
1. Memahami ketentuan thaharah.
Kompetensi Dasar
:
1.1.   Menjelaskan perbedaan antara najis dengan hadas.
Indikator
:
1.1.1.  Menjelaskan pengertian najis.
1.1.2.  Menjelaskan pengertian hadas.
1.1.3.  Menjelaskan perbedaan antara najis dengan hadas
Materi Pokok
:
-      Pengertian dan macam-macam thaharah.
Metode Pembelajaran
:
Ceramah, tanya jawab, diskusi
Model Pembelajaran
:
Model Pembelajaran Kooperatif dan Langsung

Tujuan Pembelajaran
:
Setelah pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Menjelaskan pengertian najis.
2.     Menjelaskan pengertian hadas.
3.     Menjelaskan perbedaan antara najis dengan hadas

Langkah-langkah
:


a.    Kegiatan Awal
1.     Berdoa ( menanamkan nilai religius ).
2.     Mengecek kehadiran siswa dengan menanyakan siapa yang tidak hadir (menanamkan nilai disiplin ).
3.     Apersepsi : menanyakan kepada siswa tentang kebersihan yang merupakan salah satu ajaran Islam.
4.     Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya umat Islam untuk selalu bersih dan suci.
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan kali ini.


b.       Kegiatan inti
1.     Eksplorasi
·   Guru menyampaikan daftar pertanyaan kepada siswa yang membuat rasa ingin tahu sehingga siswa berusaha untuk mencari jawabannya.
2.     Elaborasi
·   Siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang diberikan guru.
·   Siswa dengan kerja keras dan mandiri menulis seluruh jawaban dari daftar pertanyaan yang disampaikan guru.
·   Guru membahas pertanyaan-pertanyaan tadi dengan menanyakan jawabannya pada salah satu siswa dan meminta siswa lain untuk menanggapinya sehingga tercipta suasana yang demokratis.
3.     Konfirmasi
·   Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan yang belum jelas sehingga tercipta suasana yang komunikatif.
·   Guru mengulas dan menyimpulkan hasil tanggapan semua siswa

c.        Kegiatan Akhir
1. Siswa mengungkapkan perasaan hatinya setelah mengikuti pembelajaran pada hari ini.
2. Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.

Penilaian
:
Tes Tertulis





Bahan / Sumber belajar

:

o Majelis Pendidikan Dasar dan menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah ( 2008 ) Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, untuk SMP/ MTs Muhammadiyah.Yogyakarta.Mentari Pustaka.
o Ismail SM, M. Ag (2008 ). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.Semarang. Rasail Media Grup.
o Tim MGMP PAI SMP Kab. Pekalongan.(2008).LKS SANTRI Kelas VII.Pekalongan:Adi Siwi
o Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga(2007).Pendidikan Agama Islam, Aku Cinta Islam.Klaten.Cempaka Putih.
o Tatang Ibrahim (  2009 ) Fikih MTs Kelas VII Semester 1 dan 2. Bandung. CV. Armico.
o Sayyid Sabiq ( 1997 ) Fikih Sunnah 1 . Bandung. PT. Al-Ma’arif
o m
o    


LEMBAR PENILAIAN

Ø  Tes Tertulis                  

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.       Menjelaskan pengertian najis.
2.     Menjelaskan pengertian hadas.
3.     Menjelaskan perbedaan antara najis dengan hadas

Tes Tertulis
Uraian
Jelaskan pengertian najis !

Jelaskan pengertian hadas !

Jelaskan perbedaan antara najis dengan hadas !

Pekalongan, 15 Juli 2013
        Mengetahui                                                                               Guru Mapel PAI
     Kepala Sekolah


Dra. Ruslinawati                                                                                Supriyadi, S. Ag
NIP. 19660310 200501 2 006                                                         NIP. 19720403 200501 1 003

Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

0 komentar:

Posting Komentar