بسم الله الر حن الر حيم
السلا م عليكم ورحمة الله وبر كا ته
Kali ini saya akan share RPP yang saya buat dan saya praktekkan dalam PTK
Bagi yang membutuhkan RPP ini silahkan DOWNLOAD DISINI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMP
MUHAMMADIYAH WONOPRINGGO
|
|||
Mata
Pelajaran
|
:
|
PAI / IBADAH
|
|||
Kelas / Semester
Pertemuan
ke
Waktu
|
:
:
:
|
VII / 2
7 – 8
4 X 40 menit
|
|||
Standar
Kompetensi
|
:
|
6.
Memahami ketentuan salat sunah
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
6.1. Menjelaskan ketentuan salat sunah
|
|||
Indikator
|
:
|
6.1.1. Menjelaskan pengertian salat sunah
6.1.2. Menjelaskan fungsi salat sunah
6.1.3. Menyebutkan tempat pelaksanaan salat sunah
6.1.4. Menjelaskan macam-macam salat sunah
6.1.5. Menjelaskan ketentuan salat sunah
|
|||
Materi
Pokok
|
:
|
Salat sunah dan ketentuannya.
|
|||
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, penugasan,
|
|||
Model
Pembelajaran
|
:
|
Model
Pembelajaran Kooperatif dan Langsung.
|
|||
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Setelah
pembelajaran ini siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian salat sunah
2.
Menjelaskan fungsi salat sunah
3.
Menyebutkan tempat pelaksanaan salat sunah
4.
Menjelaskan macam-macam salat sunah
5.
Menjelaskan sebagian ketentuan salat sunah
|
|||
Langkah-langkah
Pertemuan Ke Tujuh
|
:
|
Indikator
1 – 5
|
|||
a.
Kegiatan Awal
1.
Berdoa ( menanamkan nilai religius ).
2.
Mengecek kehadiran siswa dengan menanyakan
siapa yang tidak hadir (menanamkan nilai disiplin ).
3.
Guru bertanya kepada siswa mengenai salat sunah.
4.
Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya
pengetahuan tentang ketentuan salat sunah.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pertemuan kali ini.
b.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
a.
Guru menyiapkan daftar pertanyaan yang
terkait dengan materi pelajaran ( ketentuan salat sunah ), yang sebagiannya
benar dan sebagiannya salah.
b.
Guru menjelaskan prosedur pelaksanaan
pembelajaran pada pertemuan kali ini.
c.
Guru membagikan kartu indeks kepada semua
siswa
d.
Setiap siswa secara mandiri dan kreatif serta ingin
tahu mencari jawaban atas setiap pernyataan dalam kartu indeks yang
diterimanya dengan membaca materi yang ada sehingga siswa menjadi gemar
membaca.
e.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
kecil (3-4 siswa).
f.
Siswa mengelompok sesuai dengan kelompoknya
masing-masing.
g.
Kartu indeks berisi pernyataan yang sudah
dicari jawaban setiap siswa didiskusikan secara komunikatif/bersahabat
disertai toleransi dan saling bekerjasama
dalam kelompoknya untuk memperkuat jawaban yang ditemukan.
2.
Elaborasi
a.
Setiap kelompok merumuskan hasil diskusinya
dalam satu lembaran yang berisi seluruh pernyataan dalam kelompok tersebut (cukup
ditulis nomor dan jawabannya saja benar/salah).
b.
Setelah selesai, semua kartu indeks yang ada
pada kelompok diserahkan pada kelompok lain. Kelompok tersebut juga membuat
pernyataan sendiri (B/S) pada lembaran yang sebelumnya sudah ditulis.
c.
Hasil diskusi kelompok kemudian
dipresentasikan didepan kelas dengan penuh pertanggungjawaban.
d.
Kelompok yang menjawab salah diberikan
hukuman yang mendidik (membacakan jawaban yang benar sebanyak 3-5 kali).
e.
Guru bertindak sebagai moderator.
3.
Konfirmasi
a.
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan yang
belum jelas dengan suasana yang komunikatif.
b.
Guru mengulas dan menyimpulkan hasil
tanggapan semua siswa.
c.
Kegiatan Akhir
1.
Siswa mengungkapkan perasaan hatinya setelah
mengikuti pembelajaran pada hari ini.
2.
Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan
tindak lanjut.
3.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
4.
Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
|
|||||
Langkah-langkah
Pertemuan Ke Delapan
|
:
|
Evaluasi
hasil pembelajaran pertemuan sebelumnya
|
|||
1. Kegiatan Awal
a. Berdoa ( menanamkan nilai religius ).
b. Mengecek kehadiran siswa dengan menanyakan
siapa yang tidak hadir (menanamkan nilai disiplin ).
c. Guru menyampaikan
tujuan pertemuan kali ini.
d. Guru meminta
siswa untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan ulangan harian.
2.
Kegiatan Inti
a. Guru menyampaikan
soal-soal ulangan harian
b. Siswa mengerjakan soal-soal yang disampaikan
guru dengan jujur, disiplin, kerja keras, mandiri,
dan penuh tanggung jawab.
3.
Kegiatan Akhir
a. Guru memerintahkan siswa untuk mengumpulkan
hasil pekerjaannya.
b. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
masing-masing.
c. Guru mengakhiri
pertemuan dengan mengucapkan salam.
|
|||||
Penilaian
|
:
|
Tes
Tertulis
|
|||
Bahan / Sumber
belajar
|
:
|
o Majelis Pendidikan Dasar dan menengah
Pimpinan Pusat Muhammadiyah ( 2008 ) Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, untuk
SMP/ MTs Muhammadiyah.Yogyakarta.Mentari Pustaka.
o Ismail SM, M. Ag
(2008 ). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.Semarang.
Rasail Media Grup.
o Tim MGMP PAI SMP Kab. Pekalongan.(2008).LKS
SANTRI Kelas VII.Pekalongan:Adi Siwi
o Tim Penyusun Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga (2007).Pendidikan
Agama Islam, Aku Cinta Islam. Klaten.Cempaka Putih.
o Tatang Ibrahim ( 2009 ) Fikih MTs Kelas VII Semester 1
dan 2. Bandung. CV. Armico.
o Sayyid Sabiq ( 1997 )
Fikih Sunnah 1 . Bandung. PT. Al-Ma’arif
|
|||
LEMBAR
PENILAIAN
Tes Tertulis :
A. Pilihlah
jawaban yang tepat !
1. Salat yang dikerjakan selain
salat wajib sebagai tambahan atau pelengkap dinamakan salat ….
a.
fardu c. sunah
b.
mubah d.
sunah
muakkad
2.
Karena merupakan ibadah salat tambahan, maka salat sunah juga dinamakan dengan ….
a.
tatawwu’ c. muakkad
b.
nawafil d. Ibahah
3.
Dinamakan dengan salat tatawwu’ karena ….
a.
dikerjakan secara sukarela tanpa paksaan
b.
untuk melengkapi kekurangan salat fardu
c.
sangat penting sekali dalam kehidupan
d.
hampir mendekati wajib hukumnya
4.
Amal manusia yang pertamakali akan dihisab pada hari
kiamat adalah ….
a.
puasanya c. hajinya
b.
salatnya d.
zakatnya
5.
Dalam hadis yang diriwayatkan Ahmad, Abu Dawud, Ibnu
Majah, dan Al-Hakim diterangkan mengenai fungsi salat sunah adalah ….
a.
Ibadah tambahan diluar yang wajib
b.
mendapatkan pahala tambahan
c.
melengkapkan salat fardunya
d.
tanda kecintaannya pada Rasulullah saw
6.
Tempat paling utama untuk mengerjakan salat sunah
adalah di ….
a.
rumah sendiri-sendiri
b.
di manasaja
c.
di lapangan
d.
masjid
7.
Salat sunah dikerjakan dengan cara ….
a.
berjamaah
b.
bisa berjamaah bisa pula sendirian
c.
dikerjakan sendirian
d.
ada yang berjamaah ada pula yang sendirian
8. Berikut ini yang
termasuk salat sunah Rawatib yang hukumnya sunah muakkad adalah
….
a. 2 rakaat qabliyah
Magrib dan 2 rakaat bakdiyah Isya
b. 2 rakaat bakdiyah
Magrib dan 2 rakaat qabliyah Isya
c. 2 rakaat sebelum Zuhur dan
4 rakaat sebelum Asar
d. 2 rakaat qabliyah subuh
dan 2 rakaat bakdiyah Zuhur
9.
Sebagai rasa syukur kita kepada Allah bahwa
kita telah dijadikan sebagai seorang muslim, maka kita disunahkan salat ....
a.
Salat antara azan dan iqamah
b.
Tahiyat masjid
c.
Syukrul wudu
d.
rawatib
10.
Salat rawatib yang dikerjakan sebelum
pelaksanaan salat wajib disebut dengan salat ....
a.
gairu muakkad
b.
qobliyah
c.
muakkad
d.
bakdiyah
B.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian dari salat-salat sunah di bawah
ini :
a.
salat syukrul wudu.
b.
salat tahiyat masjid.
c.
salat rawatib.
2.
Jelaskan 2 hal berikut ini
yang berkaitan dengan salat tahiyat masjid :
a.
jumlah rakaat
b.
waktu pelaksanaan
3.
Jelaskan perintah Allah kepada malaikat jika
salat seorang hamba tidak sempurna sesuai dengan hadis riwayat Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Al-Hakim !
4.
Jelaskan yang dimaksud dengan “sa’atul ijabah”
!
5.
Sebutkan 2 macam salat rawatib yang tidak diperbolehkan
untuk dikerjakan !
KUNCI JAWABAN SOAL (
ketentuan salat sunah )
Mata Pelajaran
|
: IBADAH
|
Hari / Tanggal
|
:
|
Kelas
|
: VII ( Tujuh )
|
Waktu
|
:
|
A.
Pilihan Ganda
NO
|
JAWABAN
|
NO
|
JAWABAN
|
1
|
C
|
6
|
A
|
2
|
B
|
7
|
D
|
3
|
A
|
8
|
D
|
4
|
B
|
9
|
C
|
5
|
C
|
10
|
B
|
B.
Uraian
1. Pengertian dari
salat-salat sunah di bawah ini adalah :
1.
salat syukrul wudu adalah salat dua rakaat yang
dikerjakan setiap selesai berwudu.
2.
salat tahiyat masjid adalah salat dua rakaat yang
dikerjakan sebagai bentuk penghormatan kepada masjid.
3.
salat rawatib adalah salat sunah yang menyertai salat
fardu.
2.
Hal-hal yang berkaitan dengan salat tahiyat
masjid :
1.
jumlah rakaat : 2 rakaat.
2.
waktu pelaksanaan : sesaat setelah tiba di
masjid sebelum kita duduk atau melakukan kegiatan lain dimasjid.
3.
Malaikat diperintahkan Allah SWT untuk
memeriksa amal tatawwu, hamba-Nya untuk melengkapkan salat fardunya.
4.
Saatul ijabah adalah saat dimana doa seorang
hamba akan dikabulkan oleh Allah SWT.
5.
2 macam salat rawatib yang tidak boleh
dikerjakan adalah salat rawatib sesudah Asar dan salat rawatib sesudah subuh.
SKOR NILAI :
1.
Pilihan Ganda :Nomor 1 sampai dengan
10 SKOR nilainya 1 : 1 X 10 = 10
2.
Uraian : Nomor 1 sampai nomor 5 SKOR
nilainya 2 : 2 X
5 = 10
JUMLAH SKOR = 20, dengan
pedoman penilaian :
SKOR
|
NILAI
|
SKOR
|
NILAI
|
SKOR
|
NILAI
|
SKOR
|
NILAI
|
0,5
|
3
|
5,5
|
28
|
10,5
|
53
|
15,5
|
78
|
1
|
5
|
6
|
30
|
11
|
55
|
116
|
580
|
1,5
|
8
|
6,5
|
33
|
11,5
|
58
|
16,5
|
83
|
2
|
10
|
7
|
35
|
12
|
60
|
17
|
85
|
2,5
|
13
|
7,5
|
38
|
12,5
|
63
|
17,5
|
88
|
3
|
15
|
8
|
40
|
13
|
65
|
18
|
90
|
3,5
|
18
|
8,5
|
43
|
13,5
|
68
|
18,5
|
93
|
4
|
20
|
9
|
45
|
14
|
70
|
19
|
95
|
4,5
|
23
|
9,5
|
48
|
14,5
|
73
|
19,5
|
98
|
5
|
25
|
10
|
50
|
15
|
75
|
20
|
100
|
Wonopringgo,
Guru
Mata Pelajaran
Bagi yang membutuhkan Format diatas silahkan DOWNLOAD
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar